Selasa, 19 November 2013

Mengenal Bahasa Jepang



ü  Bahasa Jepang

Bahasa Jepang (日本語; romaji : Nihongo) merupakan bahasa resmi di Jepang dan jumlah penutur sebanyak 127 juta jiwa.

Bahasa Jepang biasanya digunakan oleh sejumlah penduduk negara yang pernah ditaklukkannya seperti Korea dan Republik Cina. Ia juga dapat didengarkan di Amerika Serikat (California dan Hawaii) dan Brasil akibat emigrasi orang Jepang ke sana. Namun keturunan mereka yang disebut nisei (二世, generasi kedua), tidak lagi fasih dalam bahasa tersebut.

Bahasa Jepang terbagi kepada dua bentuk yaitu Hyoujungo (標準語), pertuturan standar, dan Kyoutsugo (共通語), pertuturan umum. Hyoujungo adalah bentuk yang diajarkan di sekolah dan digunakan di televisi dan segala perhubungan resmi.

ü  Lafal Vokal dalam Bahasa Jepang

Bahasa Jepang mempunyai 5 huruf vokal yaitu /a/, /i/, /u/, /e/, dan /o/.
Lafal vokal bahasa Jepang mirip bahasa melayu. Contohnya:
  • /a/ seperti "bapa"
  • /i/ seperti "ibu"
  • /u/ seperti "urut"
  • /e/ seperti "esok"
  • /o/ seperti "obor"
Bahasa Jepang atau Nihonggo merupakan bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk Jepang. Sebelumnya, Bahasa Jepang kuno hanya menggunakan aksara Kanji dari Tionghoa untuk melambangkan bunyi dan arti. Bahasa Jepang sendiri memiliki 4 sistem penulisan, yaitu Romaji, Katakana, Hiragana dan Kanji. Hebatnya, Bahasa Jepang juga banyak digunakan oleh sejumlah penduduk di negara sekitarnya, seperti China dan Korea. Bahasa Jepang terbagi menjadi dua bentuk, yaitu Hyoujungo (penuturan standar) dan Kyoutsugo (penuturan umum). Bahasa Jepang yang banyak diajarkan di sekolah atau lembaga-lembaga pendidikan menggunakan bentuk Hyoujungo. Dalam acara-acara televisi maupun perhubungan resmi juga menggunakan bahasa Jepang bentuk ini. 

Bahasa Jepang juga memiliki struktur pola kalimat yang berbeda dengan Bahasa Indonesia. Jika dalam Bahasa Indonesia memiliki pola kalimat Subjek-Predikat-Objek, dalam Bahasa Jepang dikenal pola kalimat Subjek-Objek-Predikat.Awal mula saya belajar bahasa jepang khususnya dalam struktur kaimat karena saya belajar otodidak itu pun masih amatir, saya sempat kebingungan karena pola kalimat yang berbeda. untuk lebih mempermudah dalam belajar bahasa jepang, saran saya perbanyaklah menonton film jepang seperti anime dan drama karena dapat membantu dalam menambah kosakata bahasa jepang yang akan kita pelajari dan didalam film tersebut banyak terdapat dialog yang lebih mempermudah kita dalam belajar. tapi ingat dalam bahasa jepang juga ada bahasa yang sopan dan tidak sopan. jadi pintar-pintarlah memilih filim anime atau drama yang akan dijadikan tempat pembelajaran. Ganbatte!!! ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar